Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

ads header

Pengertian Pembatas Masjid dan Fungsinya

Mengenali Apa Itu Pembatas Masjid Atau Mushola

Pembatas masjid adalah sebuah perabot khusus yang dipakai untuk memisahkan atan menyekat ruangan dalam masjid. Pada zaman dahulu,  perabot ini lebih sering dinamakan  sebagai partisi atau penyekat ruangan. Namun karena digunakan diruang masjid, maka namanya disebut pembatas masjid.

Adapun fungsi utama dari pembatas masjid atau penyekat ruangan adalah untuk memisahkan antara  ruang yang dipakai untuk beribadah kaum pria dan perempuan. Sebagaimana diketahui, kegiatan ibadah khususnya sholat harus dipisah antara pria dan wanita.

Tidak hanya ketika menjalankan sholat saja, kegiatan keagamaan lainya juga harus selalu dipisah. Misalnya kegiatan pengajian atau tadarus Al-Qur’an dan lain sebagainya. Pria dan wanita tidak boleh berkumpul dalam satu ruangan apalagi berdekatan. Berdasarkan hal inilah kemudian setiap masjid selalu membutuhkan partisi atau penyekat ruangan.

Mengapa harus memilih pembatas masjid untuk memisah dan membagi ruangan?  Alasan utamanya adalah perabot ini bersifat portabel  atau dapat dipindah-pindahkan dari satu sisi ke sisi yang lain.  Sehingga pemakaiannya dapat selalu disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan.

Tidak hanya berfungsi sebagai penyekat ruang untuk tempat ibadah pria dan wanita saja.  pembatas masjid juga dapat digunakan untuk keperluan lainnya, contohnya antara lain yaitu untuk memisah ruang ibadah dan ruang administrasi atau kantor masjid,toilet dan sebagainya.

Pembatas Masjid

Apabila ingin mendapatkan pembatas masjid yang terbaik, sebaiknya menggunakan pembatas yang terbuat dari logam stainless steel. Saat ini sudah banyak sekali perusahaan / bengkel las yang selalu siap membuatkan desain dan hasilnya selalu terlihat cantik dan indah, salah satunya adalah PT Jaya Stainless.

Pembatas masjid stainless selalu terlihat lebih mewah dan elegan desainnya. Selain itu perawatannya juga sangat mudah dilakukan dan pembatas dari bahan stainless juga tidak akan berkarat. Pembatas dari material stainless juga sangat pas jika dikombinasikan dengan material lain seperti kaca acrylic.

Jadi nantinya, pembatas dari bahan stainless tersebut hanya berfungsi sebagai kerangkanya saja.  Sedangkan kaca acrylic nya, berperan sebagai penutup utama dalam pembatas tersebut dan pemilihan warna kainnya bisa disesuaikan dengan warna ruangan masjid atau sesuai selera masing masing.
Demikian sedikit penjelasan, Jadi Intinya pembatas dari bahan logam stainless bisa menjadi pilihan yang tepat jika Anda ingin membuat Custom pembatas masjid tersebut.

Sumber : https://www.kembarteknik.id/2018/11/pengertian-dan-fungsi-dari-hijab-masjid.html (dengan perubahan seperlunya)

Posting Komentar

0 Komentar